Cintai Produk Indonesia dengan Cerdas Dalam Bertransaksi
Source: Google |
Seiring
dengan perkembangan zaman dan geliat kemajuan yang semakin menggila, kebutuhan
manusia akan segala sesuatu yang bersentuhan dengan teknologi pun meningkat dengan
signifikan, khususnya pada pangsa jual beli secara daring ( online shopping). Dengan segala perkembangan tersebut sudah
seharusnya Anda menjadi konsumen cerdas di era digital seperti sekarang ini.
Jual beli
produk secara daring khususnya di Indonesia telah mengalami peningkatan yang
luar biasa beberapa tahun belakangan ini, pada tahun 2017 saja diperkirakan
terdapat lebih dari 130 juta penduduk Indonesia yang aktif menggunakan internet
pada perangkat telepon pintar dan perangkat komputer dan 50 juta di antaranya
juga aktif melakukan pembelian produk secara daring.
Dari data
ini terlihat bahwa terdapat kecenderungan pada
pola pembelanjaan masyarakat Indonesia dari offline ke online. Minat
beli ini juga menjadi salah satu faktor penyebab tumbuh suburnya penggiat
bisnis daring di berbagai lini, baik kuliner, pakaian, gawai pintar, perangkat
komputer, serta kebutuhan harian lainnya bahkan paket liburan dan jalan-jalan
dengan berbagai promo menarik pun ditawarkan.
Dengan berbagai
kemudahan yang bisa didapatkan saat bertransaksi online seperti; efesiensi tenaga dan waktu, harga yang lebih
bersahabat, pilihan yang lebih variatif dan banyaknya promosi menarik yang
terus digembar-gemborkan maka tidak heran jika daya beli masyarakat dengan
pembelanjaan sistem daring terus mengalami peningkatan.
Akan
tetapi peningkatan jumlah transaksi digital ini juga membawa banyak masalah
baru, salah satu yang paling sering muncul adalah terjadinya penipuan yang
biasanya dilakukan penjual terhadap calon konsumennya, seperti barang yang
sampai kepada konsumen tidak sesuai bahkan sudah rusak, atau yang paling parah
barang tersebut tidak pernah sampai ke tangan konsumen.
Hal ini tentu saja menyalahi hak Anda sebagai
konsumen yang dilindungi oleh Undang-undang, karena sebagai konsumen Anda
memiliki hak untuk;
1.
Mendapatkan
kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa.
2.
Memilih
barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa sesuai nilai tukar
dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan.
3.
Memperoleh
informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barnag
dan/atau jasa.
4.
Didengar
pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan.
5.
Mendapatkan
advokasi, perlindungan dan upaya penyelesaian sengketa secara patut.
6.
Mendapatkan
pembinaan dan pendidikan konsumen.
7.
Diperlakukan
dan dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif, serta
8.
Mendapatkan
kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang
diterima tidak sesuai dengan perjanjian.
Jadi
untuk membantu Anda meminimalisir kejadian serupa, ada baiknya sebelum
melakukan berbagai transaksi digital sebaiknya Anda memerhatikan beberapa tips
berikut;
1. Perhatikan Rating
atau Popularitas Tempat Anda Ingin Bertransaksi
Tips yang
pertama jika Anda ingin melakukan online
shopping adalah memerhatikan popularitas dari laman atau website yang menjadi
tujuan berbelanja Anda. Popularitas ini bisa dilihat dari banyaknya testimoni
positif yang diberikan oleh konsumen-konsumen sebelumnya atau bisa dilihat dari
jumlah ‘star’ atau bintang yang
diberikan oleh masyarakat yang menunjukkan tingkat kepuasan mereka berbelanja
pada laman tertentu.
Semakin
tinggi rating yang dimiliki berarti
tingkat kepercayaan masyarakat juga tinggi untuk membelanjakan uangnya di laman
tersebut. Jangan gampang terpedaya pada promo besar-besaran yang ditawarkan
oleh laman-laman sejenis yang terlihat ‘abal-abal’ atau kurang kredibel.
2. Kualitas Produk yang Ditawarkan
Tips
kedua yang bisa Anda pertimbangkan sebelum melakukan transaksi secara daring
adalah kualitas dari produk yang menjadi incaran Anda. Namun untuk yang satu
ini Anda harus sedikit lebih jeli karena Anda tidak bisa secara langsung
melihat dan memeriksa barang yang
diincar. Anda hanya bisa melihat barang
tersebut dari dunia maya.
Jadi
sebaiknya Anda melihat-melihat review
yang biasanya diberikan oleh konsumen sebelum Anda dan memilih untuk membeli
barang yang memiliki garansi produk yang jelas. Sehingga jika terjadi masalah
di kemudian hari, Anda bisa melakukan klaim garansi terhadap produk tersebut.
3. Pelayanan yang maksimal
Salah
satu tips terpenting yang juga bisa menjadi masukan bagi Anda dalam membeli
produk secara online adalah bagaimana
pelayanan pelanggan yang disediakan oleh si penjual. Pelayanan ini bisa dilihat
dari bagaimana keaktifan mereka dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar
produk yang akan dibeli serta bagaimana mereka menanggapi keluhan-keluhan konsumen.
Bentuk
lain dari pelayanan ini adalah ketersediaan berbagai pilihan dalam melakukan
pembayaran seperti bisa dengan setor tunai, E-Banking,
COD (Cash on Delivery) atau dengan sistem Third Party yang bisa menjamin transaksi lebih aman.
Kemudian
hal lain yang termasuk dalam pelayanan maksimal adalah pilihan-pilihan
ekspedisi untuk melakukan pengiriman barang sampai ke tempat Anda, biasanya
para penjual telah melakukan kerjasama dengan perusahaan perngiriman yang besar
untuk menjadi mitranya dalam pendistribusian barang jualannya.
4. Butuh atau Sekadar Ingin?
Selain
ketiga tips di atas, ada satu hal penting lainnya yang harus Anda pertimbangkan
sebelum melakukan pembelian online
yaitu tingkat kebutuhan Anda. Pertimbangkan kembali apakah Anda betul-betul
membutuhkan produk tersebut atau hanya sekadar mengikuti hawa nafsu berbelanja
Anda.
Salah
satu kunci untuk menjadi konsumen yang cerdas adalah mampu memilah tingkat
prioritas dengan bijak. Jangan mudah tergiur dengan berbagai promosi yang
diberikan. Jangan sampai pendapatan yang didapatkan setiap bulannya tidak mampu
menutupi kebutuhan pokok Anda karena telah dihabiskan untuk menutupi gaya hidup
Anda. Bijaklah mengelola keuangan sehingga Anda juga masih bisa menyisihkan
beberapa untuk ditabung demi kebutuhan di masa depan.
5 Maksimalkan Konsumsi Produk-produk Dalam Negeri
Pilihan
yang begitu beragam kadang kala membingungkan para konsumen. Gempuran
produk-produk alternatif yang bisa dipilih pun sangat beragam, baik dari dalam
dan luar negeri. Jadi sebagai konsumen Anda dituntut untuk betul-betul jeli
dalam memilih.
Membeli produk-produk karya anak bangsa adalah
sebuah pilihan ynag bijak. Karena dengan ‘membeli
Indonesia’, Anda secara tak langsung juga ikut memajukan berbagai usaha
kecil dan menengah yang sekarang banyak dikembangkan di berbagai pelosok
Indonesia.
Jangan
hanya karena gengsi, Anda memaksakan diri untuk membeli produk-produk mahal
dari luar negeri. Padahal kita tahu bahwa kualitas produk-produk Indonesia juga
tidak kalah bagusnya. Jadi jangan ragu untuk
selalu menggunakan produk-produk lokal yang kaya dan juga sangat beragam.
Source: Google |
“ Tetaplah
bijak memilih, cerdas dalam bertransaksi dan selalu cintai produk-produk dalam
negeri. “
Komentar
Posting Komentar
Silahkan Tinggalkan Jejak Anda