Cintai Produk Indonesia dengan Cerdas Dalam Bertransaksi

Source: Google


Seiring dengan perkembangan zaman dan geliat kemajuan yang semakin menggila, kebutuhan manusia akan segala sesuatu yang bersentuhan dengan teknologi pun meningkat dengan signifikan, khususnya pada pangsa jual beli secara daring ( online shopping). Dengan segala perkembangan tersebut sudah seharusnya Anda menjadi konsumen cerdas di era digital seperti sekarang ini.

Jual beli produk secara daring khususnya di Indonesia telah mengalami peningkatan yang luar biasa beberapa tahun belakangan ini, pada tahun 2017 saja diperkirakan terdapat lebih dari 130 juta penduduk Indonesia yang aktif menggunakan internet pada perangkat telepon pintar dan perangkat komputer dan 50 juta di antaranya juga aktif melakukan pembelian produk secara daring.

Dari data ini terlihat bahwa terdapat kecenderungan pada  pola pembelanjaan masyarakat Indonesia dari offline ke online. Minat beli ini juga menjadi salah satu faktor penyebab tumbuh suburnya penggiat bisnis daring di berbagai lini, baik kuliner, pakaian, gawai pintar, perangkat komputer, serta kebutuhan harian lainnya bahkan paket liburan dan jalan-jalan dengan berbagai promo menarik pun ditawarkan.

Dengan berbagai kemudahan yang bisa didapatkan saat bertransaksi online seperti; efesiensi tenaga dan waktu, harga yang lebih bersahabat, pilihan yang lebih variatif dan banyaknya promosi menarik yang terus digembar-gemborkan maka tidak heran jika daya beli masyarakat dengan pembelanjaan sistem daring terus mengalami peningkatan.

Akan tetapi peningkatan jumlah transaksi digital ini juga membawa banyak masalah baru, salah satu yang paling sering muncul adalah terjadinya penipuan yang biasanya dilakukan penjual terhadap calon konsumennya, seperti barang yang sampai kepada konsumen tidak sesuai bahkan sudah rusak, atau yang paling parah barang tersebut tidak pernah sampai ke tangan konsumen.

Hal ini tentu saja menyalahi hak Anda sebagai konsumen yang dilindungi oleh Undang-undang, karena sebagai konsumen Anda memiliki hak untuk;

1.      Mendapatkan kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa.
2.      Memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa sesuai nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan.
3.      Memperoleh informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barnag dan/atau jasa.
4.      Didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan.
5.      Mendapatkan advokasi, perlindungan dan upaya penyelesaian sengketa secara patut.
6.      Mendapatkan pembinaan dan pendidikan konsumen.
7.      Diperlakukan dan dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif, serta
8.      Mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian.

Jadi untuk membantu Anda meminimalisir kejadian serupa, ada baiknya sebelum melakukan berbagai transaksi digital sebaiknya Anda memerhatikan beberapa tips berikut;

1 Perhatikan Rating atau Popularitas Tempat Anda Ingin Bertransaksi

Tips yang pertama jika Anda ingin melakukan online shopping adalah memerhatikan popularitas dari laman atau website yang menjadi tujuan berbelanja Anda. Popularitas ini bisa dilihat dari banyaknya testimoni positif yang diberikan oleh konsumen-konsumen sebelumnya atau bisa dilihat dari jumlah ‘star’ atau bintang yang diberikan oleh masyarakat yang menunjukkan tingkat kepuasan mereka berbelanja pada laman tertentu.

Semakin tinggi rating yang dimiliki berarti tingkat kepercayaan masyarakat juga tinggi untuk membelanjakan uangnya di laman tersebut. Jangan gampang terpedaya pada promo besar-besaran yang ditawarkan oleh laman-laman sejenis yang terlihat ‘abal-abal’ atau kurang kredibel.

2.   Kualitas Produk yang Ditawarkan

Tips kedua yang bisa Anda pertimbangkan sebelum melakukan transaksi secara daring adalah kualitas dari produk yang menjadi incaran Anda. Namun untuk yang satu ini Anda harus sedikit lebih jeli karena Anda tidak bisa secara langsung melihat  dan memeriksa barang yang diincar.  Anda hanya bisa melihat barang tersebut dari dunia maya.
Jadi sebaiknya Anda melihat-melihat review yang biasanya diberikan oleh konsumen sebelum Anda dan memilih untuk membeli barang yang memiliki garansi produk yang jelas. Sehingga jika terjadi masalah di kemudian hari, Anda bisa melakukan klaim garansi terhadap produk tersebut.
3  Pelayanan yang maksimal
Salah satu tips terpenting yang juga bisa menjadi masukan bagi Anda dalam membeli produk secara online adalah bagaimana pelayanan pelanggan yang disediakan oleh si penjual. Pelayanan ini bisa dilihat dari bagaimana keaktifan mereka dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar produk yang akan dibeli serta bagaimana mereka menanggapi keluhan-keluhan konsumen.

Bentuk lain dari pelayanan ini adalah ketersediaan berbagai pilihan dalam melakukan pembayaran seperti bisa dengan setor tunai, E-Banking, COD (Cash on Delivery) atau dengan sistem Third Party yang bisa menjamin transaksi lebih aman.

Kemudian hal lain yang termasuk dalam pelayanan maksimal adalah pilihan-pilihan ekspedisi untuk melakukan pengiriman barang sampai ke tempat Anda, biasanya para penjual telah melakukan kerjasama dengan perusahaan perngiriman yang besar untuk menjadi mitranya dalam pendistribusian barang jualannya.

4 Butuh atau Sekadar Ingin?
Selain ketiga tips di atas, ada satu hal penting lainnya yang harus Anda pertimbangkan sebelum melakukan pembelian online yaitu tingkat kebutuhan Anda. Pertimbangkan kembali apakah Anda betul-betul membutuhkan produk tersebut atau hanya sekadar mengikuti hawa nafsu berbelanja Anda.

Salah satu kunci untuk menjadi konsumen yang cerdas adalah mampu memilah tingkat prioritas dengan bijak. Jangan mudah tergiur dengan berbagai promosi yang diberikan. Jangan sampai pendapatan yang didapatkan setiap bulannya tidak mampu menutupi kebutuhan pokok Anda karena telah dihabiskan untuk menutupi gaya hidup Anda. Bijaklah mengelola keuangan sehingga Anda juga masih bisa menyisihkan beberapa untuk ditabung demi kebutuhan di masa depan.

5  Maksimalkan  Konsumsi Produk-produk Dalam Negeri
Pilihan yang begitu beragam kadang kala membingungkan para konsumen. Gempuran produk-produk alternatif yang bisa dipilih pun sangat beragam, baik dari dalam dan luar negeri. Jadi sebagai konsumen Anda dituntut untuk betul-betul jeli dalam memilih.

 Membeli produk-produk karya anak bangsa adalah sebuah pilihan ynag bijak. Karena dengan ‘membeli Indonesia’, Anda secara tak langsung juga ikut memajukan berbagai usaha kecil dan menengah yang sekarang banyak dikembangkan di berbagai pelosok Indonesia.

Jangan hanya karena gengsi, Anda memaksakan diri untuk membeli produk-produk mahal dari luar negeri. Padahal kita tahu bahwa kualitas produk-produk Indonesia juga tidak kalah bagusnya.  Jadi jangan ragu untuk selalu menggunakan produk-produk lokal yang kaya dan juga sangat beragam.

Source: Google

 Itulah beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda untuk lebih jeli  dan lebih aman dalam melakukan pembelanjaan secara daring. Dengan tips-tips tersebut, semoga Anda bisa menjadi konsumen cerdas di era yang serba digital ini. Ingat bahwa sebagai konsumen Anda juga memiliki hak-hak yang dilindungi oleh negara dalam upaya mendapatkan pengalaman berbelanja yang aman dan nyaman, baik secara offline ataupun online.

“ Tetaplah bijak memilih, cerdas dalam bertransaksi dan selalu cintai produk-produk dalam negeri. “







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Mengurus SKCK di Luar Domisili KTP

Climate Change

Masih Tentang SKCK dan Serba-Serbinya